Cara Terbaik Memasarkan Produk dengan SEO Lokal
SEO Lokal merupakan bagian dari strategi pemasaran dengan teknik SEO (search engine optimization) secara umum namun mengacu pada wilayah geografis sehingga bisnis Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Lokasi bisnis, nama bisnis, alamat, deskripsi bisnis dan nomor telepon menjadi kata kunci yang signifikan dan sangat berpengaruh dalam teknik SEO lokal ini.
Memasukkan kata kunci geografis dalam judul halaman dan meta description anda merupakan satu dari sekian cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan SEO lokal ini. Untuk lebih lengkap lagi, mari kita simak cara terbaik memasarkan produk dengan SEO lokal berikut ini:
Bisnis Apa yang Cocok Menggunakan SEO Lokal dan Apa Manfaatnya?
SEO Lokal cocok digunakan bagi
pemilik bisnis yang mengincar konsumen lokal berdasarkan lokasi geografis.
Bisnis seperti ini banyak terjadi untuk layanan jasa hotel maupun jenis
properti yang lain dan bisa juga jasa layanan lokal, misalnya saja pencarian
lokal untuk “Barber shop di Jakarta” atau “hotel di Bali” lebih optimal
hasilnya jika pemilik bisnis menggunakan strategi SEO lokal seperti ini.
Memanfaatkan SEO lokal untuk
bisnis yang mengincar pelanggan berdasarkan wilayah geografis memiliki
keuntungan yaitu lebih efisien dari sisi anggaran promosi. Dan enaknya lagi SEO
lokal tidak tertutup hanya penunjukan GEO Location tapi juga memaksimalkan
branding seperti testimonial, ulasan produk dan sebagainya.
Teknik Pemasaran Menggunakan SEO Lokal
Secara umum teknik pemasaran SEO
lokal mencakup semua teknik SEO Global, hanya saja ada beberapa tambahan untuk
lebih memudahkan dalam pencarian yang lebih spesifik. Berikut ini ulasannya:
On-page SEO lokal dengan Memasukkan Nama Wilayah Geografis di Tempat
Terbaik
Lokasi bisnis menjadi kata kunci
yang sangat berpengaruh dalam SEO Lokal sehingga dalam teknik optimasi on page,
Anda bisa memasukkan kata kunci geografis dalam judul halaman dan meta
description. Lengkapi juga isian nama bisnis, alamat, deskripsi bisnis dan
nomor telepon di setiap halaman website. Beberapa tips praktis on-page ini bisa
Anda coba:
·
Masukkan
identitas bisnis pada bagian footer, untuk memudahkan pengunjung.
·
Optimasi nama wilayah semisal nama kota bisa
dapat lebih maksimal apabila ditempatkan pada judul artikel.
·
Masukkan nama wilayah geogarfis pada URL dan
konten
·
Masukkan nama bisnis, deskripsi bisnis, alamat,
dan nomor telepon di setiap halaman website.
Kampanye Iklan dengan target lokal dan Manfaatkan Yellow Pages
Beberapa iklan tertarget lokasi
seperti PPC adwords dan facebook, cukup efektif membuat bisnis lokal anda akan
terekspose secara efisien. Memanfaatkan promosi melalui Yellow Pages juga
terbukti efektif karena Yellow Pages sejauh ini masih menjadi rujukan utama
jika mencari vendor lokal untuk produk tertentu.
Atur situs bisnis anda agar mudah diakses melalui mobile phone
Pencarian lokal saat ini hampir
80% dilakukan dari perangkat mobile (HP, tablet) sehingga pemilik bisnis dengan
target konsumen lokal harus mengikuti tren pengguna layanan ini. Atur website
Anda agar mobile-friendly.
Perbanyak Backlink dengan nama lokasi sebagai anchor text dan lakukan
riset keyword lokal
Link dari situs luar menuju
website anda sebaiknya menyesuaikan dengan nama wilayah geografis lokasi
sebagai teks dasar (anchor text). Keyword tadi bisa dimasukkan ke kolom
komentar pada blog yang disertai code HTML.
Secara rutin lakukan riset
keyword untuk memeriksa volume pencarian keyword dan menyesuaikan kata kunci
yang tepat. Pergeseran tren dalam volume pencarian bisa berlangsung harian
sehingga riset ruitn perlu dilakukan.
Manfaatkan Review & Rating di Google Bisnisku
Google Bisnisku (www.google.co.id/bisnisku) membantu
pemilik bisnis agar bisnisnya lebih mudah untuk ditemukan di hasil pencarian
dengan menampilkan bisnis secara lengkap dengan foto, review, dan lain-lain.
Untuk memudahkan proses moderasi
saat mendaftarkan bisnis Anda melalui Google Bisnis, perbanyak rujukan atau
backlink dari website lain. Melalui Google Bisnis, Anda akan mendapatkan
manfaat berupa review dan rating akan ditampilkan dalam hasil pencarian yang
bisa membuat situs bisnis Anda semakin populer.
SEO Lokal, Cara Mudah dan Praktis Memasarkan Produk secara Online
Di era digital seperti ini, peran
pemasaran online sangat besar dalam kesuksesan bisnis Anda. Ada banyak teknik
yang digunakan untuk memasarkan produk secara online. Salah satu yang efektif
dan praktis dilakukan adalah dengan menggunakan teknisk SEO Lokal seeprti
uraian diatas.
Cara Terbaik Memasarkan Produk dengan SEO Lokal
Reviewed by Learning, Sharing, Coaching
on
1:42 AM
Rating:
No comments: